Kamis, 17 Mei 2012

Mission Possible 2 : From Losers To Be Heroes

Saya beranggapan bahwa manusia memiliki 4 level kehidupan yang sering disebut sebagai Kuadran. Kuadran paling tinggi adalah kuadran pertama yaitu level heroes dimana dia sanggup menggenggam dunia di tangannya dan hatinya dipenuhi mengenai permasalahan kepentingan orang banyak dan kehidupan di masa datang (dalam keyakinan saya yaitu menjadi rahmatan lil alamin dan kehidupan akherat).

Sementara level kedua, yaitu orang-orang yang menggenggam dunia di tangannya, tapi tidak memikirikan kepentingan orang banyak maupun efek di masa depan. Dan level ketiga adalah mereka yang mempunyai kepedulian terhadap orang lain dan masa depan, tapi tidak punya modal dunia untuk mewujudkannya. Dan level terakhir, merupakan level terburuk yang mendapat predikat Losers, yaitu mereka yang tidak memiliki mdal maupun kepedulian serta impian.

Pada kenyataannya,40 % dari 6 Miliar manusia di Bumi ini yang masuk ke Kuadran 4, 40 %  juga berada di level 3, dan hanya 10 % di level 2 serta 10 % ada di level pertama. Ya, bumi ini memang di dominasi oleh golongan-golongan level 4 dan 3. Namun kini, sudah mulai banyak migrasi-migrasi yang terjadi di mana golongan-golongan yang dianggap sebagai golongan level 4 dan 3 mulai menuju level 2, namun belum mencapai level 1. Contohnya adalah China dan India, yang semula disejajarkan dengan Indonesia karena kekumuhan dan kepadatan penduduknya kini mulai menancapkan taringnya di bidang ilmu pengetahuan (dunia) tapi hanya bersifat jangka pendek.

Nah, lalu dimana Indonesia??? Kita bisa menilai sendiri dimanakah posisi kita dalam kuadran tersebut.  Punyakah kita modal untuk mengelola sumber daya alam sendiri??? punyakah kita impian untuk anak cucu kita kelak di masa depan jika sumber daya kita habis????. Nah, kira-kira kita ada di level dimana???

Ok, saya tidak mengajak kita semua untuk pesimis. namun sebaliknya kita harus melakukan Quantum Quadran Changging yang harus dimulai dari diri sendiri. Ya, Optimistis merupakan syarat utama untuk menggerakkan kita semua menuju level ketiga.

Untuk menuju level kedua, maka kita haruslah memiliki modal yaitu ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang lebih dari sekedar gelar, melainkan ilmu yang kita pelajari, kita praktekkan, dan kita ajarkan kepada orang banyak tanpa ada batasan-batasan. Itulah ilmu pengetahuan yang akan membawa kita berada di level 2.

Nah, bagaimana caranya agar kita berada di level 1???, tentu saja ilmu pengetahuan harus diseimbangkan dengan optimistis yang kita miliki. Bahwa usaha yang kita lakukan saat ini bukan hanya untuk beberapa tahun ke depan saja, tapi juga untuk ribuan tahun bahkan jutaan tahun berikutnya. Tidak hanya untuk bangsa kita, tapi juga bagi bangsa-bangsai di Afirka yang kelaparan, bangsa Palestina yang dijajah, yaitu bagi seluruh umat manusia. Itulah level Heroes.....

Mari mulai saat ini, mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang paling mudah....
1. Buatlah impian yang simpel yang bisa kita wujudkan . Misal : Menambah teman baru, usahakan impian itu berbeda-beda. Misal saja impian yang ditargetkan terwujud satu kali per bulan.
2. 1 hari belajar, 1 hari praktek, 1 hari ajarkan. Bayangkan dalam 1 minggu ada 2 ilmu yang akan kita pelajari, praktekkan dan diiajarkan. dalam 1 bulan ada 8 ilmu, dalam 1 tahun ada 86 ilmu... Wow!!!
3. Jika kita mendapatkan materi, usahakan 10 % untuk kita. 45 % untuk orang-orang yang sudah membantu kita, dan 45 % bagi mereka yang belum pernah berjasa pada kita. Jika terlalu berat cukup 50% untuk kita dan sisanya untuk dua kelompok tadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls