Minggu, 07 Agustus 2011

Kiat Sukses Merekrut Maba, "Para Generasi Penerus"


Oleh-oleh dari Dauroh Recruitmen Mahasiswa baru untuk LDK Se-Banjarbaru di aula Farmasi Unlam.

Bismillahirrohmanirrohim
As-salamuaaykum warahmatullahi wa barakatuh...

Alhamdulillah pada hari minggu, 7 Agustus 2011. Ane masih diberi kesempatan oleh Allah untuk bersilaturrahmi dengan kawan-kawan aktvis dakwah kampus di Unlam Banjarbaru. Pada kesempatan ini juga ane bersyukur karena mendapatkan materi yang sangat berharga dari dauroh yang diadakan oleh FSI Ulul Albab ini.

Untuk itu ane merasa berkewajiban untuk membagikan ilmu yang ane dapatkan kepada saudara-saudara ane yang berhalangan hadir pada acara tersebut. Terutama kawan-kawan di FOSKI STMIK Banjarbaru yang sebentar lagi akan menyambut "The Next Golden Generation". Yup, tidak terasa adik-adik kita yang masih polos akan menginjakkan kakinya di kampus kita dan akan menjadi bagian dalam catatan perjuangan di kampus tercinta kita ini.

Materi luar biasa yang pertama disampaikan oleh Ustadz Sukoco, Ustadz yang merupakan alumni UGM Yogyakarta ini menyampaikan materi tentang "Bagaimana Menyentuh Hati Objek Dakwah". Beliau menyebutkan bahwa seorang kader dakwah haruslah mengenali budaya dan karakter objek dakwah yang akan dituju. Hal ini seperti apa yang dilakukan Rasulullah ketika berdakwah di Mekkah, dimana beliau mengangkat persoalan kaum Quraisy yang sering melakukan perjalanan jauh dan harus meninggalkan panennya di musim panas. Sehingga turunlah ayat yang menjelaskan megenai bagaimana caranya bercocok tanam yang baik (afwan,ane lupa nama ayatnya. Bagi yang tau silahkan dikoreksi).

Selanjutnya secara urut, Ustadz Sukoco menjelaskan langkah-langkah sukses "to touch heart" para mahasiswa baru.

1. Melakukan analisa terhadap objek dakwah dan menentukan serta mengangkat tema yang sedang trend untuk disampaikan ke objek dakwah, dalam catatan tema tersebut mampu mengarahkan mereka ke arah yang lebih positif.

2. Memperbaiki hubungan personal dengan objek dakwah, disini maksudnya adalah bagaimana kita dapat menjalin hubungan yang kuat terhadap objek dakwah kita. Kuncinya adalah bagaimana kita bisa membantu adik-adik kita nanti dengan apa saja yang kita miliki. Ada 3 jenis manfaat yang bisa kita berikan kepada para objek dakwah, yaitu :
  • Materi, bagi kader yang punya uang bulanan yang berlebih tentu bisa membantu teman-temannya yang biasanya di akhir bulan kerap mengalami kesulitan keuangan. Nah, ketimbang uangnya kita habiskan untuk hal yang tidak karuan. Bukankah lebih baik kita membantu rekan kita yang kesulitan keuangan kan?
  • Skill atau kecerdasan, Ilmu tak seperti uang. Jika dibagikan tak akan habis. Malah akan semakin bertambah. Jangan ragu membantu rekan-rekan kita yang kesulitan belajar. Insyaallah, kader dakwah yang dermawan akan ilmu akan semakin mudah menjadi idola kader-kader baru.
  • Bagaimana jika kita secara materi dan skill minim? Tidak adakah yang bisa kita berikan? Tenang saja, jika tubuh kita sehat dan kuat. Kita bisa memanfaatkan potensi itu untuk membantu, seperti membantu mencari kontrakan unutk Maba, atau bahkan mengadakan pemungutan sumbangan jika ada teman yang sakit dan menyumbangkan darah atau mencarikan pendonor bagi rekan kita yang membutuhkan. Wah, pokoknya masih banyak deh...!!!!!
Nah, tinggal kita merenungkan. Apa potensi yang kita miliki dan hal apa yang bisa kita sumbangkan untuk kader dakwah kita?

3. Selanjutnya adalah objek dakwah yang berhasil kita dekati, kita ajak untuk berpikir mengenai tema yang umum di masyarakat. Usahakan di masa-masa awal ini, kita tidak memaksakan pemahaman yang ada dalam benak kita kepada objek dakwah. Agar mereka tidak menganggap kita "diktator" yang aneh lalu kabur meninggalkan kita. Masukkanlah "pemahaman-pemahaman ringan" dan membuat mereka tertarik untuk memasuki lebih dalam, seperti moralitas, ibadah yang menentramkan hati, motivasi berprestasi dan lain-lain. Dalam tahap awal ini, kita akan berusaha untuk menyentuh akal dan nalarnya sebelum menyentuh hatinya.

4. Terakhir, kader dakwah harus konsisten dengan nilai-nilai keislaman dan menjadi figure yang patut dicontoh. Berusahalah berkerja karena Allah SWT. Bukan karena motivasi terselubung seperti ingin menarik minat seseorang ataupun dipuji, namun setelah tidak bersama kawan-kawan aktivis dakwah. Aktivitas pengajian dan sholat malah ditinggalkan. Karena jika objek dakwah mengetahui kebaikan kita hanyalah "topeng", maka dia akan berbalik dari kita. Syukur jika dia hanya membenci kita, tapi jika dia juga membenci Islam, maka kita juga berperan dalam "kesesatannya". Dan jujr saja, point terakhir ini, betul-betul menyodok ane sebagai seorang kader. (Mungkin inilah sumber kegagalan ane selama ini,.....T_T).

Selain Ustadz Sukoco, ada juga Ustadz Nur Irsan Finazli yang menyampaikan tema mengenai bagaimana caranya mengenali psiklogi calon pemimpin yang akan kita rekrut. Beliau menyampaikan bahwa cara untuk menilai psikologis kepemimpinan para calon aktivis dakwah adalah melalui psikotes dan interview. Seorang pemimpin dapat dinilai dari beberapa aspek yakni kecekatan, visi (niat), tipe kepemimpinan, dan skill problem solving.

Terakhir, penyampaian dilakukan oleh Ustadz Basuni. yang memberikan "wejangan" kepada kawan-kawan LDK mengenai bagaimana persiapan yang baik mengenai rekrutmen Mahasiswa Baru. Yakni menentukan target/visi perekrutan, target jumlah anggota baru yang harus terekrut, Tentukan strategi dan terakhir yang paling penting namun sering dilupakan adalah mengenai evaluasi efektivitas kegiatan perekrutan.

Demikianlah materi yang saya coba rangkum dari kegiatan yang berlangusng dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore tersbut. Kegiatan ini juga diselingi oleh hiburan Nasyid dan nonton film "Sang Murobbi" dan beberapa film islami lainnya.

Hingga akhirnya, sampailah puncak acara yang ditunggu-tunggu. Yaitu Ifthor berjamaah yang penuh suasana kebersamaan. Seusai sholat Maghrib berjamaah, seluruh aktivispun kembali ke alam masing-masing...^^

Demikian tulisan sederhana ini ane persembahkan. Semoga bermanfaat................
Was-salamuaaykum warahmatullahi wa barakatuh...

Allahuakbar.......!!!!!!!!!!!!!!!!!!

1 komentar:

NONTON FILM ONLINE mengatakan...

makasih gan sudah berbagi ilmu semoga bermanfaat,ijin share gan

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls