Keunggulan:
1.Distribusi
software PAK-PAPERLESS OFFICE dan Panduan melaui media Email.
2.Penerapan
Software PAK-PAPERLESS OFFICE dapat dilakukan via telepon dan via internet
tanpa harus melakukan pelatihan secara langsung.
3.PAK-PAPERLESS
OFFICE dapat digunakan untuk “multi user”.
4.Lisensi
software untuk 1 LAN Sekolah.
Paperless Office: Kantor Minim Kertas
(Distribusi Surat Masuk secara
Digital)
Setumpuk
kertas kerja di meja anda dan rekan. Anda melirik ke seberang… mesin fotokopi
tak hentinya dipakai untuk menyalin dokumen dan “memuntahkan”-nya kembali.
Sekretaris sibuk membongkar filing cabinet untuk mencari arsip 2 tahun lalu.
Terdengar seperti kantor anda?
Di
masa silam, penggunaan filing cabinet dirasakan sudah cukup dan rapi untuk
pengarsipan. Berpuluh tahun kemudian, ketika bisnis semakin kompleks, filing
cabinet sudah tidak mampu lagi menampung dokumen. Pekerjaan mengarsip juga
menjadi pekerjaan yang melelahkan (Memindahkan, mensortir, membolongi kertas,
merapikan, menandai dan menyimpan). Belum lagi masalah mencari dokumen yang
sangat memusingkan kepala. Butuh waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk
urusan seperti ini. Ruang yang tersita untuk filing cabinet dan kardus arsip
rasanya juga semakin “menjajah” ruangan. Serasa sesak dan “cukup sudah” untuk
masalah ini.
Sekarang
ini kantor masih tetap berjuang untuk mengurangi konsumsi kertas yang dipakai.
Tujuannya jelas, untuk efisiensi biaya, waktu, ruang, tenaga dan produktivitas.
Menuju kantor dengan informasi yang digitalisasi dan minim kertas, Paperless Office.
Mengurangi
BUKAN Meniadakan
Konsep
Paperless adalah mengurangi pemakaian kertas bukan meniadakan pemakaian kertas
sama sekali. Jadi jangan menerjemahkan Paperless = “Bebas Kertas”. Karena
idealnya adalah hampir tidak mungkin untuk kantor tidak memakai kertas.
Sebuah
kantor akan memiliki prestise tersendiri jika berhasil dalam menerapkan
paperless office.
Surat
Menyurat dan Menulis SURAT DINAS dengan Benar
Surat
adalah media komunikasi dalam bentuk tulisan yang dilakukan oleh seseorang atau
lembaga ke seseorang atau lembaga lainnya.
Surat
yang baik memiliki ciri sbb:
1)Tidak
mengandung makna ganda
2)Antara
penerima dan pengirim memiliki maksud yang sama
3)Sederhana
4)Tepat
menggunakan kata dalam pemakaiannya
5)Tulisannya
tersusun rapi dan berurutan
Bahasa
yang digunakan dalam surat,sebaiknya:
1.Mengutamakan
sama derajat
2.Tegas
3.Mudah
dimengerti oleh pembaca
4.Menggunakan
bahasa yang sopan
5.Jelas
antara penulisan dan makna
Adapun
fungsi surat adalah sbb:
1.Sebagai
media komunikasi
2.Sebagai
bukti tertulis
3.Sebagai
pedoman kerja dan bertindak
4.Sebagai
wakil / duta organisasi
5.Sebagai
dokumentasi
6.Sebagai
alat pengingat
7.Sebagai
bukti historis dan bukti keamanan
PENGGOLONGAN
SURAT :
Berdasarkan
Wujud Surat.
Kartu
Pos(Terbuka).Pada umum nya berukuran 15×10 terbuat dari kertas karton.
Warkat
Pos(Terbuka).Wujudnya berupa lipatan kertas,bagian isi lipatan yang tertutup
dan bagian alamat pada lipatan yang terbuka,lebih ekonomis.
Memorandum/Memo.Digunakan
oleh suatu kantor/instansi, biasanya dibuat oleh atasan utuk
bawahannya.biasanya berisi,permintaan informasi, pemberian informasi,
referensi, himbauan, peringatan, dan penugasan.
Surat
bersampul.Merupakan surat tertutup, karena yang mengetahui hanya pengirim dan
penerima ,isinya biasanya rahasia.
Berdasarkan
isi surat:
Surat
Undangan Surat Pengumuman Surat Berita acara
Surat
Pengantar Surat Peringatan Surat Laporan
Surat
Pemberitahuan Surat Permohonan Ijin Surat Rekomendasi
Surat
Permohonan Bantuan Surat Perintah Surat Balasan
Surat
Keterangan Surat Perjanjian Surat Telegram
Surat
Tugas Surat Keputusan Surat Memo
Surat
Edaran Surat Pengusulan Nota Dinas
Surat
Pernyataan Surat Kuasa
Dalam
kaitannya dengan urusan bisnis dikenal adanya,
Surat
Bisnis
Surat
Permintaan Barang
Surat
Penawaran
Surat
Pemesanan
Surat
Penolakan Pesanan
Surat
Pengiriman
Surat
Perjanjian
Dalam
kepentingannya dengan pribadi/keluarga dikenal adanya,
Surat
Lamaran Kerja
Surat
Ucapan Selamat
Surat
Ucapan Terima Kasih
Surat
Ucapan Permintaan Maaf
Surat
Ucapan Belasungkawa
Surat
Ucapan Persahabatan
Berdasakan
Kepentingannya:
Surat
Dinas.
Surat
yang bersifat kedinasan baik dinas pemerintah maupun dinas swasta,biasanya
bersifat resmi dan menggunakan bahasa Indonesia baku.
Surat
Niaga atau Surat Bisnis.
Surat
yang digunakan dalam dunia bisnis atau perniagaan,biasanya bersifat resmi namun
tidak selalu menggunakan bahasa Indonesia baku (fleksibel)
Surat
Pribadi.
Surat
yang digunakan untuk keperluan pribadi atau keluarga,sifatnya tidak resmi baik
struktur surat, bahasa surat maupun penyampaiannya.Namun ada beberapa surat
pribadi yang bersifat resmi,misalnya Surat Lamaran Kerja.
Berdasarkan
Jumlah Penerimanya.
Surat
Biasa.
Surat
yang dikirimkan oleh seseorang atau instansi kepada seseorang atau instansi
lain.
Surat
Edaran.
Surat
yang dikirimkan untuk beberapaorang atau instansi, namum masih terbatas.
Pengumuman.
Surat
yang ditujukan kepada khalayak ramai (beberapa orang atau instansi yang
identitasnya tidak dapat ditunjukkan satu persatu.
Berdasarkan
Keamanan Isinya.
Surat
Biasa.
Surat
yang apabila dibaca oleh pihak lain tidak akan merugikan penerima atau
pengirimnya,Misalnya: Surat Undangan dan Surat Edaran.
Surat
Rahasia.
Surat
yang isinya hanya boleh diketahui oleh pihak yang dituju,tidak boleh diketahui
oleh pihak lain.Dan biasannya ditandai oleh kata”RAHASIA”atau disingkat”RHS”.
Surat
Sangat Rahasia
Biasanya
Surat ini berhubungan dengn keamanan Negara,Biasanya ditandai oleh kata.”Sangat
Rahasia” atau disingkat “SRHS”.
Berdasarkan
Cara Penyampaiannya.
Surat
Biasa
Surat
seperti ini biasanya tidak memerlukan jawaban atau tanggapan dengan
segera.Namun meskipun begitu,setiap surat harus ditanggapi dengan segera.
Surat
Segera.
Surat
yang harus segera ditanggapi oleh penerimanya.
Surat
Sangat Segera.
Surat
yang harus sesegera mungkin harus diketahui dan ditanggapi oleh penerimanya
baik pengiriman maupun penyelesaiannya harus sesegera dilakukan,tidak boleh
ditunda–tunda.
Pengguna:
1.Stasiun
Karantina Pertanian (SKP) Kelas I – Banjarmasin – Kalimantan Selatan : Desember
2011
0 komentar:
Posting Komentar