Sabtu, 11 Agustus 2012

Kopi Darat Komunitas Penulis Prokuma


Bulan Ramadhan memang merupakan moment yang pas untuk saling bersilaturrahmi dan melakukan berbagai aktivitas sosial. Hal itupun tidak mau dilewatkan oleh sebuah komunitas penulis yang memiliki nama “Prokuma”. Prokuma merupakan singkatan dari Proyek Buku Bersama, dimana kami semua memiliki hobby menulis dan berkeinginan untuk menerbitkan buku. Berawal dari inisiatif pendirinya, M. Ery Zulfian untuk mengumpulkan sekitar 10 orang penulis dan menerbitkan sebuah buku, ternyata mendapatkan apresiasi yang antusias dari para penulis-penulis lainnya. Sang pendiri pun akhirnya membuat sebuah grup diskusi di jejaring sosial dimana mereka yang ingin tulisannya diterbitkan dikumpulkan. Hingga kini, grup tersebut sudah memiliki 211 anggota, baik yang berdomisili di Banjabaru, Banjarmasin, Martapura, Kalteng bahkan ada yang di pulau Jawa.

Proses pembuatan buku komunitas ini cukup unik. Dengan berdiskusi melalui dunia maya, tema tulisan ditentukan oleh pendiri komunitas, kemudian sekitar 15 sampai 20 penulis harus mengirimkan tulisan dan uang pencetakan buku. Hingga akhirnya sekitar 2 bulan kemudian sebuah buku akan dikirimkan ke masing-masing penulis untuk dinikmati sendiri ataupun dijual kembali.hingga saat ini Prokuma sudah melahirkan 3 buah buku. Yaitu Cinta Fitri Session Religi, Ketika Cinta Saling Tertukar,dan My Stry On Ramadhan. Saat ini kami sedang menunggu proses penerbitan 3 buku lainnya yang Insyaallah akan terbit di bulan September.

Tidak hanya berkarya, para penulis yang tergabung dalam komunitas ini juga memiliki tujuan untuk beramal, dengan cara menyumbangkan 100% royalti hasil penjualan buku yang telah dibuat. Karena itulah muncul ide untuk mengadakan sebuah acara sosial pemberian royalti kepada sebuah yayasan. Sekaligus sebagai ajang pertemuan langsung komunitas Prokuma yang selama ini hanya berkomunikasi melalui dunia maya.

Pada tanggal 7 Agustus 2012, Yayasan Sosial “Saya Cerdas” yang berlokasi di Banjarbaru dipilih oleh pendiri komunitas. Pada acara tersebut, memang tidak semua penulis bisa berhadir karena hanya mereka yang tinggal di Banjarbaru dan sekitarnya saja yang bisa berhadir.

Acara dimulai sekitar pukul 16.30 Wita, dibuka dengan penampilan dari anak-anak Yayasan Saya Cerdas yang membawakan Tilawah, Sari Tilawah, pembacaan puisi islami, serta Nasyid. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan serta penjelasan mengenai program Prokuma selanjutnya dari Ketua Prokuma yaitu M. Ery Zulfian. Ery mengungkapkan jika Prokuma akan membuka sekitar 6 proyek pembuatan buku lagi di bulan September nanti. Salah satu proyek buku juga akan dikhususkan bagi anak-anak kecil yang suka menulis. Dan juga mengenai rencana agar Prokuma juga bisa menerbitkan buku yang bisa diterbitkan di seluruh toko buku di Indonesia pada tahun depan.

Sebelum berbuka puasa, acara diisi kultum dari salah satu penulis yang berhadir. Dan setelah menunaikan buka puasa dan sholat maghrib. Akhirnya kegiatan sampai di acara puncak yaitu penyerahan royalti dan kenang-kenangan kepada anak-anak yayasan saya cerdas serta saling tukar kado antara sesama penulis.

Meski sederhana, pertemuan secara offline pertama komunitas ini dibalut dengan suasana yang menyenangkan. Terutama karena komunitas ini diisi beberapa sosok yang cukup humoris dan menghibur, ditambah pula dengan kepolosan anak-anak yayasan yang semakin menambah akrab kami semua. 

Diharapkan kedepannya, akan ada lagi kegiatan-kegiatan seperti ini. Dan para anggota komunitas ini yang berasal dari Kalteng ataupun pulau Jawa juga bisa turut berhadir. Jika ada yang berminat bergabung, cukup mencari Grup Prokuma di Facebook dan melihat tema-tema yang telah diangkat dan disukai untuk diikuti. Semoga para penulis muda yang tergabung dalam grup ini semakin produktif dalam berkarya dan beramal.

2 komentar:

arsyad ruzhteria mengatakan...

sgt menarik bs menyalurkan hobi menulis kmudian krya kita bs brmanfaat dan dpt membantu org2 dsekitar kita(beramal)...sayangnya aku ga mahir dlm menulis..hehe

semangat trus bwt Komunitas Prokuma !!!

Lindawati RA mengatakan...

ini grupnya masih aktif gk?

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls