Jumat, 12 April 2013

Memulai Bisnis Tanpa Modal

Berbisnis dari nol? Bagaimana mungkin? Itulah yang sering saya dengar dari kebanyakan orang. Saya sendiri menganggap pada awalnya bahwa berbisnis itu haruslah memiliki modal besar sehingga dulu selalu menunda-nunda untuk memulai berwirausaha. Namun pandangan itu berubah setelah saya bergabung dengan sebuah komunitas bisnis di Banjarbaru, lucunya pada saat bergabung dengan komunitas tersebut sayalah satu-satunya yang belum memiliki bisnis. Karena kawan-kawan di dalam komunitas sering memotivasi saya untuk berani memulai bisnis. Akhirnya saya memutuskan untuk berwirausaha dengan cara menjualkan produk teman-teman saya di komunitas tersebut. Mulai dari menjualkan komputer milik teman hingga menjualkan perumahan seorang Developer Properti di komunitas tersebut. Hal itu saya lakukan tanpa modal sama sekali, dengan hanya meminta brosur dari mereka saya berjualan menggunakan sosial media dan beberapa kerabat kenalan saya. Meskipun komisi saya hanya 10 % tapi lama kelamaan saya akhirnya bisa mengumpulkan modal sedikit demi sedikit untuk membesarkan usaha sendiri.

Kini, saya sudah berani membangun perumahan sendiri kemudian menjualnya. Meskipun hanya kaplingan, tapi bagi saya yang baru memulai bisnis kurang dari 2 tahun, hal tersebut sangatlah berarti dan saya berhasil mematahkan mitos bahwa berbisnis haruslah memerlukan modal besar. Inilah beberapa kunci untuk berbisnis dari nol, yang pertama adalah harus memiliki banyak teman, rajin bersilaturahmi, jangan takut bergabung dengan komunitas. Bisnis saya diawali karena saya menawarkan diri untuk menjadi sales produk teman-teman saya dikomunitas, selain itu jangan cepat puas, pada saat mendapatkan komisi dari penjualan komputer dan rumah teman saya. Saya tidak pernah membelanjakannya, saya selalu menyimpannya dalam bentuk emas dan setelah mencukupi, kemudian saya membeli sebidang tanah untuk membangun perumahan sendiri. Nah itulah yang saya lakukan, berbisnis itu mudah bukan? Bahkan dengan tanpa modal sekalipun.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls